img

10 Jenis Model Bisnis Internet Marketing Terpopuler

/
/
/
11 Views

Jenis Bisnis Internet Marketing – Berbicara internet marketing tentu masih membingungkan para newbie (pemula) jika tidak dijabarkan model-model bisnisnya yang populer karena Internet Marketing memiliki banyak sekali model-model bisnis di dalamnya yang tentu semuanya membutuhkan skill dan Intertest yang berbeda-beda.

Di artikel ini akan dijabarkan apa saja model bisnis dalam internet marketing itu agar Anda bisa memiliki pengetahuan mengenai model yang mungkin akan cocok dengan Intertest Anda saat ini. Selain itu, kan kami rekomendasikan salah satu bisnis model yang menurut pengalaman ini paling mudah untuk dilakukan oleh para newbie.

Apa itu Internet Marketing

Internet marketing merupakan salah satu jenis strategi marketing (pemasaran) yang dilakukan dengan menggunakan bantuan internet melalui berbagai media atau platform berbasis online. Contoh platform yang sering dipakai adalah website, email, blog, mesin pencari, dan media sosial.

Internet marketing juga dapat dikatakan sebagai online marketing. Dimana, segala proses pemasaran dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital yang ada. Namun, prinsip pemasarannya tidak jauh berbeda dengan metode konvensional.

Tujuan Internet Marketing

Tujuan dari internet marketing sendiri untuk mendapat pembeli yang lebih luas serta banyak. Lewat akses internet, kita bisa terjalin dengan beberapa sumber serta pembeli yang semakin lebih luas. Bahkan juga tidak terbatas di satu wilayah saja, akan tetapi bertaraf global.

Lebih kurang 68% pengunjung internet lakukan bisnis jual beli barang atau jasa. Karena itu, pemakaian platform online pula kian bertambah serta bisa difungsikan untuk mempromokan suatu produk pada usaha yang anda kerjakan.

Dengan melaksanakan promosi, maka pembeli dapat lebih aware serta semakin tertarik untuk memakai produk anda. Makin banyak pembeli yang datang, maka traffic pengunjung dari website atau platform anda dapat lebih baik. Disamping itu, anda bisa pula memberikan beberapa info menarik serta terkini lewat suatu website berbentuk tulisan artikel.

Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis

Berikutnya ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet marketing.

1. Tidak Perlu Modal yang Besar

Manfaat Internet Marketing yang pertama adalah anda tidak memerlukan modal yang besar untuk mengembangkan bisnis anda melalui internet. Anda hanya memerlukan strategi yang tepat, serta melakukan riset mengenai kompetitor dari produk anda.

2. Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Dengan bantuan media internet, dapat meningkatkan cakupan atau scope customer secara luas. Sehingga relasi yang dapat anda peroleh tidak hanya dalam ruang lingkup daerah atau nasional. Akan tetapi juga masuk pada cakupan masyarakat global.

3. Proses Optimasi dan Performa Dapat Diukur

Jika menggunakan metode bisnis konvensional, proses evaluasi dan monitoring bisnis akan sedikit sulit jika dibandingkan dengan melakukan proses optimasi memakai metode online marketing. Dari sisi efektivitas dan efisiensi, pemasaran melalui media internet marketing bisa memberikan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

4. Kegiatan Pemasaran Menjadi Lebih Mudah

Manfaat Internet Marketing yang terakhir adalah kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak ada batasan tempat dan waktu untuk melakukan proses bisnis, jika menggunakan pemasaran menggunakan bantuan internet. Kemudian, sebagian besar pengguna internet juga banyak menghabiskan waktu dalam media sosial, forum, dan blog yang dapat memberikan keuntungan bisnis bagi anda dalam hal melakukan promosi produk.

10 Jenis Model Bisnis Internet Marketing

Berikut model-model bisnis di Internet Marketing yang paling populer saat ini:

1. Affiliate Marketing

Ini merupakan model bisnis Internet Marketing yang paling mudah untuk diterjuni oleh para newbie karena pada dasarnya dalam bisnis affiliate marketing ini, Anda hanya berperan sebagai perantara atau makelar untuk menjualkan produk orang lain dengan imbalan komisi. Semuanya dilakukan secara online mulai mendatangkan trafik hingga proses order dan pengiriman produk. Anda hanya cukup menggunakan link tracking atau biasa disebut affiliate link dari pemilik produk untuk melacak statistik penjualan dan komisi yang Anda hasilkan.

Jika ada penjualan terjadi atas referensi Anda menggunakan link affiliate ini, maka otomatis Anda akan mendapatkan komisi yang biasanya diatur dalam presentasi misalnya, 50% atau 60% dari total nominal transaksinya. Banyak para internet marketer yang sudah menghasilkan puluhan juta hingga ratusan juta dari affiliate marketing ini setiap tahunnya. Contoh program affiliate yang populer adalah Amazon.com.

2. Product Creation

Model Bisnis Internet Marketing yang satu Ini adalah Anda sebagai pembuat atau pemilik produk khususnya produk digital. Dalam model bisnis ini Anda berperan sebagai seller. Ini adalah langkah lanjutan dari affiliate marketing, hanya saja ini tidak semudah seperti menjualkan produk orang lain. Untuk menciptakan sebuah produk, Anda harus melakukan riset Market dan membuat produk itu sendiri, Anda juga harus membuat sistem penjualan onlinenya dan juga bertanggung jawab melayani Customs support. Akan ada banyak yang harus Anda kerjakan sebagai product owner, namun inilah sebenarnya bisnis yang sesungguhnya ingin Anda lakukan di Internet Marketing.

Jika Anda sudah memiliki produk digital, tidak ada salahnya menjual produk Anda tersebut melalui marketplace produk digital seperti Ratakan: https://www.ratakan.com

3. PPC Publisher

Nah model bisnis internet marketing Ini biasanya dilakukan oleh para blogger yang mana mereka ini memiliki blog-blog yang memiliki trafik tinggi kemudian mengikuti sebuah program periklanan seperti Google Adsense untuk menampilkan iklan mereka dengan imbalan komisi dari hasil iklan yang diklik oleh pengunjung blog mereka.

4. Local Business

Ini adalah model bisnis internet marketing lokal yang sebelumnya hanya dijalankan secara offline dan kemudian dijalankan secara online untuk menjaring calon customer dengan market yang lebih luas di dunia online.

5. Website Flipping

Ini adalah model bisnis internet marketing jenis jual-beli website yang siap pakai. Biasanya website start-up dan juga website yang sudah established dan memiliki revenue. Biasanya dilakukan oleh para webmaster dan Web designer yang profesional dimana mereka menjual web-web yang siap untuk digunakan oleh para pembelinya. Resource dari model bisnis ini adalah Flippa.com.

6. Membership Website

Ini adalah model bisnis internet marketing yang benar-benar mengutamakan konsistensi update konten atau produk yang bertujuan untuk menghasilkan passive income untuk pemiliknya karena biasanya akan ada pembayaran bulanan atau tahunan. Selain itu biasanya pembayaran rutin ini dilakukan untuk bisa tetap menikmati sebuah layanan atau produk dari penyedianya.

Istilah kerennya model bisnis ini adalah recurring income atau pendapatan yang berkelanjutan. Contoh umumnya adalah seperti Anda berlangganan internet itu dimana Anda harus membayar tiap bulannya untuk bisa menikmati akses internet.

7. Joint Venture

Ini adalah model bisnis partnership dimana Anda mencari seorang yang ahli khususnya dalam membuat produk digital namun tidak bisa memasarkannya atau tidak memiliki skill Internet Marketing untuk menjual produknya. Biasanya dengan sistem profit share 50/50. Model bisnis ini memiliki potensi yang besar karena banyak kreator produk-produk berkualitas namun mereka tidak tahu bagaimana cara memasarkannya dalam internet marketing. Disinilah dibutuhkan skill IM yang sudah Anda miliki dan berperan sebagai ujung tombak penjualan produk mereka.

8. Webinar

Model bisnis webinar memang tidak begitu populer bagi internet marketing di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, dari 10 orang, mungkin hanya 1 saja yang tahu apa itu webinar dan itupun belum tentu pernah melakukannya. Webinar ini pada dasarnya adalah sebuah seminar online yang mana pesertanya bisa mengikuti seminar online ini dari mana saja termasuk dari rumah saja. Untuk biayanya pun sebenarnya sama saja bahkan ada juga yang gratis tapi memang biasanya ada upsell di dalamnya. Di negara-negara maju sendiri seperti US, UK, CA, Jepang dan Australia, webinar ini sudah sangat populer diadakan. Ada kelebihan dan kekurangannya webinar dibanding dengan seminar offline. Kelebihannya adalah, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menuju lokasi terutama jika lokasi seminarnya jauh dari tempat tinggal Anda karena webinar bisa dilakukan dari mana saja selama ada koneksi internet.

Kekurangannya adalah terutama di Indonesia adalah karena webinar ini membutuhkan koneksi yang super kenceng untuk bisa mengikuti dan menerima materi yang disampaikan hostnya dengan baik dan lancar sementara di Indonesia kualitas koneksi internet masih banyak yang memprihatinkan terutama di daerah – daerah yang pada akhirnya webinar ini masih sulit diterima di Indonesia. Selain itu juga, mengikuti seminar memang sejatinya akan lebih mantap kalau langsung ke lokasi seminar karena kita bisa bertemu dengan pembicaranya sekaligus melakukan silaturahmi dan networking dengan peserta lainnya.

9. Domaining

Model bisnis internet marketing ini sebenarnya kurang lebih sama dengan poin kelima sebelumnya, hanya saja di sini bukan website yang dijual melainkan hanya sebuah nama domain. Pebisnis domaining ini biasanya mengakuisisi nama-nama domain yang langka, brandable atau domain yang memiliki Authority tinggi di mesin pencari Google untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

10. Service Provider

Ini adalah model bisnis internet marketing yang sebenarnya sangat profitable karena hampir tidak ada modal uang yang dibutuhkan pada awal memulainya. Jika Anda memiliki skill yang bisa dijual sebagai jasa, maka Anda tinggal menjualnya saja dan mendapatkan profit 100%. Hanya saja memang membutuhkan dedikasi waktu dan energi untuk melakukannya kecuali Anda hanya berperan sebagai perantara atau makelar sebuah jasa. Contohnya, jika Anda memiliki skill desain graphic menggunakan Photoshop, Anda bisa menjual keahlian Anda ini. Contoh lainnya adalah menjual jasa SEO yang banyak diminati orang untuk menaikkan rangking websitenya di Google.

Rekomendasi Bisnis Internet Marketing Mudah Dijalankan

Jenis Bisnis Affiliate Marketing adalah yang kami rekomendasikan Sebagai Model Bisnis Internet Marketing Paling Mudah untuk dijalankan oleh para pemula di bisnis internet. Ya, dari semua model bisnis Internet Marketing di atas, menurut saya yang paling simpel dan mudah untuk dijalankan oleh newbie adalah Affiliate Marketing. Kini yang jadi pertanyaannya, mengapa affiliate marketing ini merupakan model bisnis yang saya rekomendasikan buat pemula?

Berikut Poin-Poinnya:

  1.  Anda tidak perlu membuat produk yang notabene membutuhkan skill dan pengalaman, selain itu juga modal baik materi, waktu dan energi karena semuanya orang lain (Seller) yang melakukannya.
  2. Anda tidak perlu dipusingkan dengan masalah transaksi order dan pembayaran Customer yang terus terang membutuhkan waktu untuk melayaninya meskipun ada sistem yang mengotomatisasi namun sayangnya untuk pembayaran transfer bank lokal masih banyak sistem dan bank yang belum support otomatisasi ini.
  3. Anda tidak perlu repot dengan masalah customer support dan update produk jika ada.
  4. Anda bisa memulainya sekarang juga tanpa perlu membutuhkan kucuran modal yang besar untuk memulainya. Cukup mencari program affiliate yang ada dan Anda bisa langsung menjalankannya.
  5. Yang terakhir tentunya Anda bisa menjalankan bisnis affiliate marketing ini dari mana saja.

Selain poin-poin tersebut, affiliate marketing ini juga digemari oleh pemilik produk untuk membuat efek viral dari promosi produknya karena mereka hanya mengeluarkan cost untuk komisi affiliate hanya jika terjadi penjualan. Tidak seperti beriklan yang harus membayar untuk mendapatkan trafik yang belum tentu konvert sehingga untuk menjadi affiliate dari satu produk atau jasa tidak sulit aplikasinya. Oke, bagian mudahnya sudah saya jelaskan, kini giliran kesulitan-kesulitan yang mungkin Anda hadapi sebagai affiliate marketer. Lho, katanya mudah kok sekarang ada kesulitannya?

Tunggu, jangan salah kaprah dulu. Pada dasarnya semua bisnis itu ada kesulitan dan kendalanya sendiri – sendiri tapi affiliate marketing ini termasuk yang memiliki kesulitan yang bisa diatasi oleh newbie. Kalau boleh saya sebut ini bukan kesulitan sebenarnya, namun TANTANGAN. Walaupun affiliate marketing bisa sangat menguntungkan pelakunya, namun yang harus diketahui ini bukanlah cara untuk cepat kaya-raya secara instan tanpa adanya usaha lho ya.

Ada beberapa faktor-faktor yang akan Anda hadapi pada saat memulai bisnis affiliate marketing ini nanti yaitu:

  • Mencari dan membangun trafik (Trafik tinggi ke penawaran affiliate Anda akan sangat membantu)
  • Mencari produk yang relevan dengan passion Anda.
  • Mencari produk yang bermutu dengan harga yang masuk akal.
  • Membangun banding dan kepercayaan kepada calon prospek Anda.
  • Mengubah calon prospek ini menjadi pembeli loyal atas apa yang Anda tawarkan.
  • Anda harus mampu menulis penawaran produk affiliate yang menarik dan memiliki konversi tinggi.

Itulah kesulitan-kesulitan yang pasti bakal Anda hadapi sebagai pemula dalam bisnis affiliate marketing Kini Anda bisa mulai untuk menetapkan pilihan, apakah affiliate marketing merupakan model bisnis internet marketing yang cocok buat diri Anda? Jika iya, kini saatnya untuk mengkonsep blueprintnya mulai dari planning, Action, fokus dan lihat hasilnya

Kesimpulan

Affiliate marketing merupakan lahan yang berpotensi besar untuk menghasilkan income dari internet namun kesuksesan jarang terjadi apabila Anda memiliki ilmu yang salah dalam menjalankannya karena meskipun potensinya besar, namun Anda akan termakan oleh persaingan ketat dengan para affiliate marketer lainnya jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan.

Faktor paling penting yang harus disiapkan untuk terjun ke dunia Internet Marketing adalah waktu dan dedikasi Anda. Disini saya tidak menyarankan Anda untuk berhenti bekerja dari pekerjaan Anda saat ini lho ya, tapi Anda harus siap dan menyadari bahwa ada pengorbanan yang harus dijalani yaitu meluangkan waktu berjam-jam di akhir pekan di belakang meja dan komputer Anda. Tentu saja jika Anda berhasil melalui fase awal ini dan membangun strategi bisnis Internet Marketing yang tepat seiring dengan proses yang Anda lalui, Anda akan menjadi lebih bebas dan akan mengerti prosesnya serta kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk keberhasilan bisnis Internet Marketing Anda. Pada akhirnya, mengekspansi bisnis Internet Marketing pun akan jauh lebih mudah.

Ok semoga ilmu yang kecil dari artikel 10 jenis bisnis internet marketing terpopuler ini bisa bermanfaat buat kita semua dan menjadi langkah awal dari kesuksesan bisnis di dunia Internet Marketing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar