img

12 Cara Meningkatkan dan Membuat Brand Bisnis Dikenal Publik

/
/
/
7 Views

Cara Meningkatkan Brand Bisnis – Dalam membangun sebuah brand bisnis mulai dari awal hingga Brand Bisnis Anda Dikenal Publik bukanlah perkara mudah. Akan ada banyak pertanyaan yang mau tidak mau harus dijawab, baik mengenai seperti apa tampilannya hingga apakah brand tersebut mampu mewakili nilai-nilai bisnis Anda ke audiens yang ditarget.

Anda harus bisa menghubungkan pemisah yang ada antara produk yang dijual dengan orang yang menjadi target penjualan. Brand bisnis yang baik akan selalu dikenal dan memiliki pengaruh yang timeless bagi pelanggan, dan berpotensi untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal.

Apa Itu Brand ?

Brand merupakan elemen yang memberikan identitas pada sebuah bisnis apakah itu bisnis baru atau yang sudah eksis sebelumnya. Brand bukan hanya sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda. Brand adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk. Jangan anggap enteng brand, karena brand adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Brand memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan hasil yang jangka panjang.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Sebelum membahas lebih rinci mengenai brand awareness, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih/membuat brand untuk perusahaan Anda.

Ditahap awal Anda memerlukan nama dan desain logo yang berkualitas dan tepat untuk brand Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti mempekerjakan seorang freelancer, agensi desain atau melalui cara yang relative baru namun sangat dahsyat seperti crowdsourcing. Melalui crowdsourcing, permintaan Anda akan dikerjakan oleh komunitas desainer dan Anda akan mendapatkan opsi yang sangat banyak.

Selain membuat brand yang sesuai dengan bisnis Anda, hal yang terpenting, yaitu meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Membangun brand awareness membutuhkan sebuah strategi marketing. Saat ini strategi marketing beragam termasuk diantaranya adalah talkable marketing atau yang disebut juga sebagai Word of Mouth Marketing (WOM).

12 Cara Meningkatkan dan Membuat Brand Bisnis Dikenal Publik

Untuk membangun sebuah brand, ada banyak sekali sebenarnya langkah yang harus kamu terapkan. Untuk mempercepat proses dan agar kamu tahu kira-kira seperti apa, berikut ini 12 langkah untuk membuat dan meningkatkan brand bisnis Anda terkenal, yuk ikuti panduan berikut yang akan memandu kamu dari awal.

1. Tentukan Karakteristik Brand yang Akan Anda Bangun

Cara meningkatkan Brand Bisnis yang pertama adalah Anda harus menentukan fokus dan misi terlebih dahulu. Menentukan fokus atau misi merupakan salah satu langkah membangun brand Anda. Dan ini juga sesuatu yang penting sebab akan berpengaruh terhadap keseluruhan proses membangun brand.

Jadi, pada siapakah Anda memberikan value? Kebutuhan bidang apakah yang akan disasar oleh brand milik Anda? Seperti apakah cara mengantarkan value brand Anda? Pertanyaan-pertanyaan itu seharusnya Anda jawab agar mendapatkan arah jelas berkaitan dengan fokus brand milik Anda. Selanjutnya secara perlahan fokus itu akan membantu menciptakan karakteristik brand Anda.

Tentukan pula karakteristik brand dengan memikirkannya bagaimana penampilannya? Seperti apa cara membuat audiens tertarik dengannya? Sekaligus tentukan seperti apakah penampilan digital creativenya, baik tulisan maupun desain.

Segala sesuatu dari logo hingga tagline brand Anda harus mencerminkan fokus dan misi, karena ini bagian dari langkah membangun brand. Contohnya membangun brand Nike dengan misi awal Nike adalah membawa inspirasi serta inovasi kepada seluruh atlet dunia. Dan seperti yang Anda lihat hingga kini, Nike di mana-mana dengan fokus pada seluruh jenis atlet sebagai pengguna produk Nike. Selanjutnya Nike lebih jauh melangkah dengan misi mereka yakni menambahkan footnote “Jika Anda mempunyai tubuh, maka Anda merupakan seorang atlet”. Coba Anda bayangkan berapa luasnya target audiens Nike dengan penafian seperti itu!

Oleh karena itu, mulailah dari yang kecil dengan branding Anda sendiri, dan ingatlah untuk fokus pada target audiens Anda terlebih dahulu. Seiring waktu, loyalitas konsumen terhadap brand Anda akan semakin tumbuh dan memperluas jangkauan.

2. Uraikan Kualitas dan Manfaat dari Brand yang Anda Tawarkan

Dalam langkah membangun brand, Anda sebaiknya menggali lebih dalam lalu mencari tahu tentang apa yang Anda tawarkan serta apa yang tidak ditawarkan pada orang lain. Pastikan Anda mengetahui apa yang paling diminati dari brand Anda, karena penting mengetahui nilai yang diberikan dari bisnis Anda. Fokus pada kualitas serta manfaat yang akan menjadikan branding Anda menjadi unik.

Dengan asumsi bahwa Anda tahu dengan persis siapakah para target audiens, beri alasan untuk calon customer memilih brand milik Anda daripada brand yang lain. Pikirkan tentang bagaimana Anda memberikan nilai yang akan meningkatkan kehidupan konsumen.

3. Buatlah Desain Logo Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Sebelum Anda membuat brand untuk perusahaan, ada banyak hal yang Anda harus pertimbangkan, seperti menyesuaikan tema brand yang ingin Anda buat dengan bisnis Anda, misalnya Anda bergerak di bidang Makanan, maka Brand tersebut harus mencerminkan Produk tersebut serta Image Perusahaan yang meliputi layanan yang akan diperoleh pelanggan. Tahap selanjutnya perhatikan brand elements yang digunakan, seperti nama, logo, grafik, bentuk, warna, suara, aroma dan pergerakan.

Saat ini Anda telah memahami bahwa yang dimaksud dengan brand bukanlah sekedar logo atau nama atau tagline saja, melainkan semua atribut, termasuk kemasan, warna hingga perangkat pemasaran yang ikut menyatu dengan persepsi brand di benak masyarakat. Brand yang efektif menciptakan persepsi bahwa tidak ada produk, layanan, organisasi atau komunitas lain yang menyerupai Anda, entah perbedaannya pada manfaat, bentuk, kemudahan penggunaan, harga atau prestise, yang pasti konsumen yakin bahwa Anda menawarkan sesuatu yang luar biasa.

Untuk itu, banyak faktor yang memegang peranan, dan dapat berwujud maupun tidak berwujud, termasuk dekorasi kantor, pakaian personil, filsafat organisasi, kualitas layanan, desain materi cetak ataupun nilai tambah layanan. Intinya semua yang konsumen Anda sentuh, lihat atau dengarlah akan membedakan Anda dari kompetisi.

4. Ciptakan Desain Logo Perusahaan Yang Baik

Bisnis anda akan terlihat amat profesional di mata pelanggan Anda dengan desain logo yang berkualitas, unik, menarik serta mudah diingat. Desain logo yang baik juga akan membuat bisnis Anda menonjol ditengah kompetisi. Ambil contoh Starbucks. Begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang disematkan pada Starbucks. Itulah branding Starbucks.

Dan desain logo yang terlihat profesional yang mudah diingat bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang yang telah membeli produk Anda atau memakai jasa layanan perusahaan Anda. Jika calon pelanggan Anda melihat logo Anda untuk pertama kalinya dan mereka merasa percaya maka tentu ini akan menarik pelanggan baru untuk Anda. Jika desain logo anda berhasil menanamkan kepercayaan di benak mereka maka mereka akan memilih Anda ketimbang bisnis lainnya. Maka desain logo yang baik adalah investasi yang penting seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan ini.

5. Pilih Alat Marketing Yang Sesuai Untuk Meningkatkan Brand Anda Di Mata Publik

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas 2 alat marketing yang umum digunakan oleh perusahaan perusahaan besar dalam meningkatkan brand mereka di mata publik. Alat marketing yang pertama adalah branding melalui website. saat ini memang hampir segala jenis bisnis usaha baik skala besar maupun kecil.

Walaupun skala usaha Anda kecil namun branding melalui sebuah website adalah keharusan dikarenakan website adalah sebuah marketing tool yang memang diperlukan untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda sendiri.

Justru sebuah usaha kecil haruslah memiliki website karena ini merupakan bagian dari cara Anda untuk dapat dikenal ditengah target market. Website adalah pintu gerbang agar orang bisa masuk ke dalam bisnis usaha Anda, mengenali produk Anda dan tentunya akhirnya berujung pada keputusan pembelian. Kebanyakan jika orang memikirkan mengenai website branding maka hal yang terpikir adalah dengan mengutamakan penggunaan logo dan warna.

Memang hal ini amatlah penting untuk membentuk citra sebuah brand yang akan terkait dengan persepsi pelanggan namun tentunya bukan hanya hal tersebut yang dianggap penting. Hal-hal lain yang harus ditonjolkan di website Anda adalah konten/isi dari website Anda sendiri, apakah isi dari website Anda sudah mencakup semua perihal bisnis Anda? Marketing tool yang kedua adalah menggunakan Mobil branding. Mobil branding atau yang biasa disebut vehicle branding atau branding pada kendaraan seperti halnya mobil, bus atau truk merupakan salah satu strategi marketing dengan target market tertentu.

Tujuan utama dari strategi marketing ini adalah untuk membuat pelanggan tertarik dan pada akhirnya membeli produk atau memakai jasa layanan anda. Branding perusahaan Anda pada desain mobil branding belum tentu berhasil jika tak menarik. Anda harus ingat jika tiap hari pelanggan anda dibombardir dengan banyak iklan baik secara online, media elektronik maupun print ads. Hal yang harus diperhatikan jika anda memutuskan untuk memakai strategi vehicle branding maka desain branding anda harus stand out from the crowd yang artinya benar-benar merupakan sebuah desain menarik.

6. Berinteraksi melalui Sosial Media

Tidak dapat dipungkiri, sosial media serperti facebook, twitter, linkedin dan google+ dapat meningkatkan kualitas kehidupan, khususnya bagi kalangan pebisnis yang menginginkan pertambahan jumlah pelanggan dan menjangkau komunikasi dua arah. Penggunaan sosial media menjadi ujung tombak pergerakan kegiatan bisnis dan menjadi sebuah keharusan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar. Banyak keuntungan yang dapat Anda raih dengan meningkatkan brand awareness Anda di sosial media. Keuntungannya melingkup Top of mind, brand recall dan bran recognition. Dengan menggunakan media sosial yang sudah tersedia, interaksi Anda dengan publik bisa tercipta dengan baik.

Untuk menjalin hubungan yang baik dengan publik, sosial media juga bisa dapat digunakan untuk memberikan informasi yang terbaru di bisnis Anda. Dengan adanya fasilitas interaksi langsung dengan publik, akan mudah bagi bisnis Anda untuk mempromosikan acara-acara yang sedang berlangsung. Mulai dari promosi produk baru, diskon maupun hal-hal yang lainnya.

7. Menggunakan Partnership untuk Membangun Brand Awareness

Berkerja sama dengan partner influencer dapat meningkatkan brand awareness Anda. Partner yang mempunyai network yang sangat kuat biasanya mempunyai banyak pelanggan yang loyal. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan partner, Anda dapat bertukar pelanggan/subscriber yang akan menjadi win-win solution bagi kedua belah pihak. Pastikan memilih untuk berkerja sama dengan partner yang sesuai dengan target market bisnis Anda.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menjalin hubungan dengan partner yang sesuai. Salah satunya seperti yang sudah disebutkan diatas adalah Anda bisa saling bertukar subscriber/pelanggan dengan partner Anda. Selain itu, partner bisa menjadi media untuk mempublish konten Anda kepada para subscribernya. Partner juga bisa meningkatkan nilai jual event yang bisnis Anda selenggarakan.

8. Gunakan Blog untuk Meningkatkan Branding Bisnis Anda

Blog merupakan alat yang sangat fungsional. Hampir semua orang yang telah kenal internet memiliki blog dengan tujuan dan kepentingan yang berbeda-beda. Ada yang cuma ingin berbagi opini, sharing foto, hingga mencari uang lewat blog. Dengan menciptakan sebuah blog dimana bisnis Anda bisa memberikan informasi tambahan dan tidak hanya terbatas dengan apa yang bisnis Anda lakukan, tetapi Anda bisa memberika tips-tips yang berguna untuk para subscriber Anda.

Dengan adanya blog, Anda bisa mengetahui apa saja yang di minati oleh subscriber Anda. Dengan menyediakan konten-konten yang menarik untuk subscriber Anda, itu akan meningkatkan brand awareness bisnis Anda dimata mereka, dan bisa dengan secara tidak langsung akan mengubah subscriber Anda menjadi pelanggan yang menggunakan jasa bisnis Anda.

9. Ciptakan Pesan Marketing yang Membuat Orang Ingin Menyebarkannya

Meskipun pesan marketing ditujukan untuk tujuan komersial namun tentunya tak cukup memberikan fans Anda pesan yang murni pesan marketing. Pesan marketing yang menarik akan membuat fans menyebarkan dan menciptakan konten mereka sendiri. Tentu hal ini ada resikonya apalagi jika pesan marketing tersebut berupa parodi, namun itu semua merupakan elemen daripada sebuah kampanye marketing. Warby Parker eyewear yang merupakan brand kacamata mendapatkan sekitar 1000 foto dari fans mereka menggunakan kacamata brand mereka dan mempostingnya di Facebook Page. Hal seperti ini memiliki efek yang besar dan mampu mencapai sasaran lebih dari yang diperkirakan.

10. Berikan Fans Kesempatan untuk Berpartisipasi

Fans suka menjadi bagian dari sebuah event pada brand. Mendorong mereka untuk menjawab pertanyaan di facebook wall Anda merupakan hal yang hebat. Apalagi mendorong mereka untuk mengklik tombol like di post facebook Anda untuk memecahkan rekor dunia Guiness Book itu merupakan sesuatu yang benarbenar spesial.

Hal inilah yang dilakukan oleh Brand Oreo. Walaupun mereka memegang rekor tersebut hanya sebentar namun brand oreo berhasil untuk meningkatkan brand awareness, membuat brand mereka dibicarakan banyak orang dan membuat fans mereka menyebarkan pesan tersebut ke seluruh dunia.

11. Hargai Superfans Anda

Untuk menjadi fans sebuah brand adalah mudah namun yang harus anda hargai adalah superfans Anda. Superfans merupakan orang-orang yang setia menyebarkan dan mempromosikan brand favorit mereka danmenciptakan free marketing yang tiada batas. Reward mereka dengan hadiah complimentary yang tidak harusm mahal namun berarti.

12. Bersikap consistent!

Bersikaplah konsisten akan sesuatu desain untuk bisnis Anda. Selama Anda menggunakan logo/desain yang konsisten, hal itu bisa menambah brand awareness terhadap produk Anda. Mengubah desain logo/brand Anda dapat berpengaruh di mata publik. Meskipun banyak perusahaan-perusahaan besar yang merubah logo mereka, tetapi konsep yang mereka ubah hanya minimalis, seperti contoh kasus logo bisnis makanan Wendy’s, mereka hanya mengubah konsepnya sedikit dan tidak begitu beda dengan logo lamanya. Ada juga contoh perusahaan yang dari berdiri hingga sekarang tidak merubah logonya sama sekali, perushaan tersebut adalah McDonald, dimana konsep desain logonya konsisten berlambang “M”. Contoh lain yang cukup sangat mencolok adalah perbandingan antara logo pepsi dan coca cola.

Dengan menggunakan logo yang konsisten, brand yang Anda buat akan menjadi persepsi umum bagi publik, dan logo Anda akan mencerminkan sesuatu yang unik untuk mengindentifikasi bisnis Anda sendiri.

Kesimpulan

Cara meningkatkan brand awareness bisnis ternyata bukan cuma soal baliho besar dan iklan di mana-mana. Ternyata, ada begitu banyak cara supaya sebuah bisnis bisa dikenal publik dan memiliki brand awareness yang tinggi.

Beberapa cara meningkatkan Brand Bisnis bisa dilakukan dengan langkah – langkah ini, menentukan karakteristik brand, menguraikan kualitas dan manfaat brand, membuat desain logo, menciptakan desain logo yang baik, membuat alat marketing, berinteraksi di medsos, menggunakan patnership, menggunakan blog, ciptakan pesan marketing dan konsiten dengan brand bisnis yang akan Anda bangun.

Nah apapun bisnis yang Anda jalankan, semoga artikel cara meningkatkan brand bisnis dikenal publik” membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar