img

17 Marketing Tools yang Wajib Dimiliki untuk Bisnis Online

/
/
/
6 Views

Marketing Tools yang Wajib Dimiliki – Di era digital saat ini memulai bisnis online kelihatannya mudah dijalankan – siapin produk, pajang, promosikan, dan tunggu pelanggan datang dengan sendirinya. Tapi ternyata, ada banyak sekali hal yang perlu dilakukan. Karenanya, Anda butuh bantuan marketing tools supaya pekerjaan Anda lebih mudah.

Nah,bila Anda berniat membangun bisnis online maka Anda harus mengendalikan kegiatan pemasaran produk yang Anda lakukan, dan teknik pemasaran digital adalah teknik yang harus Anda pahami. Berbagai marketing tools bisnis yang akan dibahas ini bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan pemasaran Anda.

Apa itu Marketing Tools

Marketing tools adalah aplikasi yang membantu Anda menjalankan bisnis, terutama di bagian promosi. Meski begitu, marketing tools tak melulu soal iklan dan sosial media saja. Ada bermacam tools digital marketing yang bisa dipakai untuk mengelola keseluruhan bisnis Anda.

Apa saja marketing tools ampuh yang Anda butuhkan? Berikut ini ulasan singkat kumpulan tools digital marketing yang wajib Anda miliki dan akan dibahas selengkapnya:

1. Sejoli

Sejoli adalah sebuah Plugin (marketing tools) Sistem Jual Beli OnLine, Membership, Affiliasi dan Komisi Multi Tier berbasis WordPress. Sejoli membantu Anda dalam berjualan online dengan 20 lebih fitur istimewa yang dijelaskan diatas untuk produk digital seperti seperti Theme, Template Grafis dan Video, Apps, Script, Ebook, Tutorial, Membership, Ecourse, Seminar, Workshop dan lain-lain. Maupun produk fisik seperti Fashion multi varian, kosmetik, herbal, aksesoris, property, Multi Level Marketing (MLM), produk dropship, membership keagenan, reseller dan lain-lain.

Info Selengkapnya Klik Tentang Sejoli

2. Mailketing

MAILKETING adalah sebuah aplikasi atau marketing tools berbasis web yang akan membantu Anda dalam menjalankan email marketing, email transaksi dan email forwarding untuk bisnis anda. Marketing tool yang satu ini bisa menjadi Solusi Pengiriman Email Terbaik untuk membangun list building untuk membangun bisnis jangka panjang.

Untuk bergabung Menjadi Member Mailketing silahkan Join MAILKETING

3. Canva

Canva merupakan solusi bagi Anda yang awam dengan dunia desain visual. Marketing tools yang satu ini menyediakan begitu banyak template untuk kebutuhan marketing Anda. Mulai dari logo, konten Instagram, banner iklan, poster, infografis, dan sebagainya.

Saat Anda ingin mulai berbisnis, maka cobalah untuk membangun identitas brand Anda terlebih dahulu dengan menentukan nama brand beserta maknanya, visi-misi, logo hingga detail font atau vibe yang hendak Anda tunjukkan melalui brand Anda. Oleh karena itu, canva sudah menyiapkan 50 ribu template lebih yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk mendesain tampilan brand atau produk Anda Anda. Mulai dari paket poster, kartu nama, paket logo dan font, brosur, flyer, template daftar menu, serta beragam gambar yang bisa Anda pilih dengan berbagai ukuran untuk media sosial.

Fitur unggulan:

– Tersedia banyak pilihan ikon;
– Tersedia banyak pilihan gambar, foto, dan ilustrasi;
– Tersedia banyak pilihan desain (logo, poster, business cards, flyers, dan sebagainya);
– Tersedia pilihan untuk kolaborasi desain bersama beberapa user sekaligus.

4. Trello

Trello adalah marketing tools yang memiliki cara baru untuk membuat to-do-lists dan mengelola tugas. Aplikasi ini membebaskan Anda mencatat tugas berdasarkan tema besar (boards), tahapan tugas (lists), dan detail tugasnya (cards).

Setelah menentukan bagaimana sifat brand dan tampilan produk Anda, maka sekarang saatnya Anda melakukan kegiatan perencanaan. Selain untuk media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan Trello untuk melakukan kegiatan mengorganisir seluruh persiapan yang Anda butuhkan untuk memasarkan suatu brand. Anda juga bisa memanfaatkan situs web ini untuk membuat checklist, meng-upload file atau foto, serta mengundang member lain untuk turut berkolaborasi dengan Anda.

Fitur unggulan:

– Unlimited personal boards;
– Unlimited members;
– Tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone;
– Terhubung dengan email untuk menambahkan cards dan memberi komentar;
– Terintegrasi dengan berbagai layanan (Slack, Google Drive, Evernote, GitHub, dan lain-lain).

5. Hootsuite

Fitur web atau marketing tools ini bisa Anda gunakan untuk melakukan kegiatan organisir pada media sosial bisnis Anda, baik itu untuk keperluan meng-upload, respon dari follower media sosial atau pelanggan dari beragam platform media sosial yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan ataupun kepentingan pemasaran Anda.

Jika bisnis Anda tidak melibatkan banyak akun pada media sosial dalam platform yang sama, maka Anda bisa menggunakan paket professional seharga Rp 400 ribu perbulan. Namun, jika bisnis Anda adalah suatu agensi yang di dalamnya harus mengurus media sosial milik klien, maka gunakanlah paket team, business, ataupun enterprise seharga Rp 1,8 juta perbulan.

Tapi, jika hootsuite masih dinilai mahal, maka Anda bisa menggunakan Buffer. Aplikasi Buffer juga menawarkan banyak layanan yang sama, namun dengan harga yang lebih bersahabat, mereka juga memberikan daftar harga yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda bisa mulai menggunakan paket Pro seharga 200 ribuan, atau paket premium dan business yang dibandrol dengan harga mulai dari 900 ribuan.

6. SEMRush, Ahrefs, Google Trends

Jika Anda sudah mengurus visual brand dan media sosial, maka sekaranglah waktunya untuk mulai membuat website bisnis. Setelah membuat website, maka Anda bisa menggunakan ketiga online marketing tools diatas untuk menentukan kata kunci bisnis Anda.

Cobalah mulai dengan mengunjungi website di atas. Selain mampu menampilkan informasi yang berguna untuk audiens Anda, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness jika website Anda berhasil menempati halaman pertama pada mesin pencarian.

7. Yoast SEO

Online marketing tools yang satu ini berbentuk plugin atau kode software yang berguna untuk menjalankan berbagai fungsi tertentu pada CMS WordPress Anda. Plugin ini berfungsi dalam menentukan fokus keyword dan menganalisa isi artikel Anda agar lebih mudah lagi untuk dideteksi oleh mesin pencari. Fitur ini akan membantu meningkatkan peringkat website Anda agar bisa meningkat sehingga bisnis Anda juga bisa mengalami peningkatan brand awareness di Internet.

Fitur unggulan:

  • Dapatkan penilaian konten dengan fitur Readability check;
  • Dilengkapi dengan kolom “canonical link” untuk hindarkan konten dari tuduhan duplikat;
  • Dilengkapi bagian khusus untuk kustomisasi meta title, meta description, dan slug;
  • Tambahkan info bentuk konten spesifik ke Google lewat schema;
  • Dilengkapi opsi untuk mengatur dan membuat breadcrumb.

8. Unsplash

Sebagai marketing tools yang wajib dimiliki website ini menyediakan ratusan ribu foto profesional, sehingga bisa memaksimalkan konten yang kamu buat untuk bisa melengkapi seluruh tampilan visual marketing, seperti gambar bangunan, makanan, atau alam, dan berbagai foto eksperimental yang bisa Anda gunakan. Unsplash juga bahkan menyediakan foto yang gratis, walaupun penyertaan kredit lebih dihargai oleh website ini. foto yang disediakan oleh website ini juga adalah file asli dengan kualitas yang sangat tinggi.

Fitur unggulan:

– Gratis;
– Jutaan pilihan gambar terkurasi dan berkualitas HD;
– Terintegrasi dengan BuzzFeed, Squarespace, dan Trello.

9. GetResponse

Saat Anda sudah mulai mengupload berbagai konten yang berhubungan dengan bisnis website Anda, pastikanlah agar calon audiens Anda bisa mendapatkan informasi tersebut. Anda bisa menggunakan email online marketing tools.

Email adalah cara pendekatan yang paling personal, oleh sebab itu, cobalah untuk membuat konten dan bahasa email yang lebih bersahabat dan tidak kaku, agar para penerima email merasa yakin bahwa produk Anda adalah sesuatu yang memang mereka benar-benar butuhkan.

10. Facebook Pixel

Agar online marketing tools anda lebih lengkap, cobalah untuk menganalisa website untuk mengecek perkembangan website Anda. Dua online marketing tools yang bisa Anda gunakan adalah Facebook Pixel dan Google Analytics. Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun ada satu perbedaan antar kedua tools ini, yaitu Google Analytic adalah suatu kode yang harus Anda input pada website Anda secara manual, sedangkan facebook pixel harus Anda instal dalam bentuk plugin pada website Anda.

11. Google Ads

Google ads adalah marketing tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kampanye iklan untuk bisnis Anda. Tools ini bisa Anda gunakan untuk membuat iklan dalam bentuk teks, video, display visual, dan etalase untuk berbagai produk Anda. Berbagai tipe iklan google yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kegiatan campaign Anda.

Google Ads merupakan platform khusus iklan dari raksasa search engine Google. Tools Digital marketing ini memungkinkan siapa saja, termasuk Anda, untuk mendapatkan eksposur lebih luas ke pengguna internet. Apapun format iklan yang Anda inginkan, sekecil apa pun skala bisnis Anda, dan sehemat apa pun budget iklan Anda ─ Google Ads siap sedia memenuhi kebutuhan. Di samping fleksibilitas yang ditawarkan, Google Ads juga punya poin plus yang lebih strategis.

Setidaknya ada tiga hal yang menjadikan layanan iklan ini spesial. Pertama, Google Ads menawarkan metrik atau tujuan iklan yang spesifik. Anda bisa mengarahkan calon pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda, mengunjungi toko offline, atau mengakses website bisnis Anda.

Kedua, Google Ads memberi opsi jangkauan lokasi sebelum memasang iklan. Dengan demikian, Anda bisa memastikan iklan yang dipasang benar-benar menyasar audiens di tempat yang tepat. Lewat cara ini pula, Anda bisa mendulang potensi yang maksimal dari pencarian lokal.

Ketiga, Google Ads membantu Anda mengoptimasi iklan. Optimasi membuat tampilan iklan yang Anda pasang nampak lebih efektif dan “mengundang”. Lebih penting lagi, optimasi ini membantu Anda mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

12. Facebook Ads dan Twitter Ads

Selain Google Ads, masih ada dua lagi marketing tools lain yang berguna untuk memasang iklan yang bisa Anda gunakan di media sosial, yaitu Facebook Ads dan juga Twitter Ads. Facebook Ads adalah layanan dari Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan promosi akun bisnis online ataupun unggahan Anda di media sosial, seperti instagram dan facebook.

Anda juga bisa melakukan periklanan di Twitter Ads Manager dengan dua cara, yaitu promote metode yang bisa mengupload tweet yang sebelumnya sudah Anda atur dan Anda jadwalkan sebelumnya, yang kedua adalah Quick Promote untuk mempromosikan tweet tertentu.

13. Slack

Komunikasi merupakan kunci utama dalam seluruh bentuk kehidupan, termasuk dalam berbisnis. Slack adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda jadikan untuk berkomunikasi, baik itu untuk kehidupan ataupun bisnis online. Anda bisa berkomunikasi dengan rekan kerja Anda setiap saat dan dengan berbagai banyak cara. Kenapa slack penting? Karena Anda tentunya membutuhkan ruang sendiri untuk membicarakan hal lain di luar pekerjaan, dan jika Anda memanfaatkan satu aplikasi saja, maka pastinya akan menjadi berantakan.

Oleh karena itulah slack sangat penting. Slack muncul dengan berbagai penyesuaian sehingga bisa lebih menyenangkan, namun tetap formal dan serius. Marketing Tools Bisnis online ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat banyak nama saluruan. Saluran yang dimaksud adalah seperti grup, dimana Anda bisa melakukan komunikasi dengan teman-teman yang berada di dalam grup tersebut. Anda juga bisa membuat saluran per divisi seperti #timdeveloper, #timmarketing dll. Seluruhnya bisa Anda gunakan dalam satu tempat.

Hal lain yang mampu membuat aplikasi ini begitu kuat adalah kemudahan, karena marketing tools ini sudah terintegrasi dengan seluruh software yang mungkin saja sudah digunakan oleh tim Anda. Slack adalah aplikasi yang sangat efisien dan menyenangkan, sehingga tim Anda bisa lebih mudah dalam berkomunikasi.

14. SocialMention

SocialMention bisa dipakai untuk memonitor info apapun yang Anda butuhkan di sosial media. Termasuk konten atau mention seputar brand bisnis yang Anda jalankan. Bisa juga informasi yang berhubungan dengan topik tertentu. Tak cuma menampilkan konten seperti halnya mesin pencari. Marketing tools ini juga memberikan data analytics seputar hasil pencarian.

Di samping hal-hal di atas, Anda juga bisa mengetahui keyword populer, top users, serta hashtag populer yang digunakan. SocialMention juga turut menyediakan filter sosial media tempat Anda melakukan pencarian. Platform digital marketing ini mengklaim memiliki integrasi ke lebih dari 100 media sosial. Tapi setidaknya, terdapat opsi untuk melacak konten dari blog, microblog (Twitter), gambar, video, dan pertanyaan di internet.

Supaya tak ketinggalan info terbaru dari konten yang Anda pantau, SocialMention juga menyediakan dua opsi notifikasi. Keduanya yaitu RSS feed dan email. Di luar itu, platform ini membolehkan Anda mendownload data dalam format CSV atau Excel. Dengan begitu, Anda bisa lebih fleksibel ketika ingin menganalisis data.

Fitur unggulan:

– Terdapat fitur pencarian dalam bentuk blog, microblog, bookmark, gambar, video, dan pertanyaan;
– Terdapat fitur untuk menilai sentimen, reach, strength, dan passion dari konten;
– Terdapat fitur untuk mencari kata kunci dan tagar populer;
– Terdapat opsi untuk mengikuti update dari konten yang dicari.

15. SociaBuzz

Join dan bekerja sama dengan influencers ialah salah satu strategi marketing yang ampuh. Apalagi untuk bisnis baru. Eksposur ke target pasar potensial amat dibutuhkan oleh bisnis agar bisa terus tumbuh. Supaya Anda bisa terhubung dengan influencers atau key opinion leaders incaran, Anda bisa gunakan SocioBuzz. SocioBuzz merupakan marketing tools untuk situs online yang menghubungkan pebisnis dengan influencers dan pekerja kreatif lainnya.

Setidaknya ada 17 macam jasa yang ditawarkan SocioBuzz. Untuk keperluan influencers marketing sendiri, Anda bisa pakai pilih jasa endorse artis, selebgram, YouTuber, blogger, sampai micro Influencer. Lalu untuk jasa kreatif “belakang layar” ada pilihan penulis, MUA, fotografer, hingga videografer.

Bagusnya, SociaBuzz cukup transparan dalam memberikan info seputar talents-nya. Setiap talent yang terdaftar memiliki profil khusus yang bisa diakses calon klien. Di dalamnya, terdapat info soal followers media sosial, angka pengunjung blog/website, engagements, portofolio, testimoni klien, dan informasi personal.

Dengan semua informasi yang lengkap ini, Anda bisa memilih sosok yang tepat untuk diajak bekerja sama. Tak ada lagi kasus salah sasaran atau malah hasil yang tak sesuai harapan. Lebih penting lagi, lewat SocioBuzz Anda bisa mengurangi kemungkinan influencers kaleng-kaleng atau tukang tipu.

Fitur unggulan:

– Terdapat banyak pilihan talent untuk menjalankan influencers marketing;
– Terdapat informasi lengkap berhubungan dengan talent yang terdaftar;
– Terdapat portofolio talent yang ditampilkan di website;
– Terdapat testimoni dari klien sebelumnya sebagai referensi.

16. Mailchimp

Mailchimp lebih banyak dikenal sebagai platform email marketing tools. Dengan software ini, Anda bisa mendesain email supaya nampak apik. Lalu, mengirimkannya ke audiens atau subscribers. Tak cuma berhenti di situ, Mailchimp juga membolehkan Anda melihat performa email marketing yang Anda kerjakan. Namun, tak banyak yang tahu kalau email marketing hanyalah satu di antara banyak fitur Mailchimp punya. Lengkapnya, Mailchimp memiliki layanan customer relationship management (CRM), alat desain untuk brand, pembuat campaign yang terintegrasi, hingga penyedia analytics lengkap. Dengan semua layanan itu, tak heran kalau branding yang dikedepankan Mailchimp ialah The-All-in-One Marketing platform..

Fitur unggulan:

– Dilengkapi fitur untuk mengelola komunikasi personal dengan pelanggan;
– Dilengkapi dengan fitur pembuatan konten untuk branding;
– Dilengkapi fitur pembuatan kampanye marketing dalam bentuk email, social media, landing page, digital ads, postcards, dan pesan otomatis;
– Terintegrasi dengan fitur analytics yang lengkap;
– Terintegrasi dengan 300+ aplikasi lintas kategori (booking, contact management, content, design, finance and accounting, dan sebagainya).

17. Google Analytics

Google Analytics adalah Marketing tool sebagai platform analisis web yang disediakan oleh Google. Secara umum, ia dipakai untuk mengetahui data berupa trafik dan performa di dalam website. Secara khusus, ada banyak sekali macam data yang bisa didapat dan dibaca dari Google Analytics. Untuk pengguna awam, Google Analytics bisa dipakai untuk mengetahui data demografi pengunjung serta perilakunya ketika berselancar di website. Kemudian, ada juga fitur untuk mengetahui sumber trafik paling efektif bagi website. Tak lupa, macam-macam data ini bisa dilihat secara real-time.

Untuk pengguna advance, ada lebih banyak bentuk data yang bisa dieksplor. Misalnya, dalam poin perilaku pengunjung. Anda dapat lihat konten yang paling sukses menggait pengunjung untuk pertama kali. Kemudian, Anda juga bisa lihat alur pengunjung ketika menyusuri website. Tak lupa, ada juga bagian untuk melihat halaman terakhir yang diakses pengunjung sebelum meninggalkan website.

Fitur unggulan:

– Dilengkapi fitur untuk membaca data secara real-time;
– Dapat dipakai untuk mengetahui data seputar pengunjung website;
– Dapat dipakai untuk mengetahui perilaku pengunjung di website;
– Dilengkapi fitur untuk mencari tahu sumber trafik paling efektif bagi website;
– Memiliki bagian khusus untuk mengevaluasi performa dan kecepatan website.

Kesimpulan

Bagaiman, apakah Anda sudah mulai bisa memahami dan memilih marketing tools apa yang bisa Anda gunakan untuk melancarkan kegiatan bisnis online yang Anda jalankan? Selamat mencoba dan semoga lancar jaya. Ok demikian ulasan kami seputar marketing tools khusus untuk bisnis di era digital. 

sumber : accurate & niagahoster

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar