img

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

/
/
/
5 Views

Cara Mendapatkan Modal Usaha – Ketika sesorang memutuskan untuk membangun usaha sendiri, diawal kali yang terpikir adalah apakah Anda memiliki modal usaha yang cukup? Modal menjadi faktor yang paling penting dalam membuka usaha sendiri. Tanpa modal, sepertinya sebuah rencana bisnis akan tinggal mimpi dan sulit untuk tercapai.

Dan besar tidaknya modal tergantung jenis usaha yang akan dibangun. Bila usaha yang akan dimulai adalah toko sembako misalnya, maka modalnya akan lebih besar dari pada bila Anda membangun sebuah usaha jual beli pulsa. Begitu juga modal usaha percetakan akan lebih mahal dibanding modal usaha membuat penerbitan yang saat ini bisa mengunakan digital.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis

Saat ini ada banyak cara untuk memperoleh modal usaha untuk memulai bisnis konvensional maupun bisnis online, yuk silakan dicek tujuh cara gampang mendapatkan modal untuk usaha Anda:

1. Modal Sendiri dari Tabungan pribadi

Cara pertama mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis adalah Anda bisa pakai modal sendiri, caranya bisa dengan mengambil dari simpanan yang Anda miliki sekarang, entah itu dengan menggunakan tabungan pribadi atau dari deposito Anda. Umumnya, orang memang menabung dengan tujuan tertentu seperti untuk dana pensiun, membeli rumah, membeli mobil, pendidikan anak, ataupun untuk kebutuhan di beberapa tahun ke depan.

Jika memang sudah memiliki konsep yang cukup matang untuk membuat sebuah usaha, tidak ada salahnya mengalihkan simpanan tersebut sebagai modal usaha.

Kendati demikian, pastikan kamu mempunyai sisa dana dari tabungan tersebut untuk biaya hidupmu sehari-hari. Jadi, jangan sampai tabunganmu dihabiskan untuk bisnis, tetapi kamu tidak bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.

2. Pinjam kepada Keluarga, Teman atau Bank

Selanjutnya bagaimana cara mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis adalah dengan meminjam kepada Keluarga, teman atau bank. Nah, jika Anda mempunyai orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman, tidak ada salahnyakan untuk coba meminjam uang kepada mereka untuk mendapatkan modal usaha.

Dengan meminjam, seringkali usaha yang memang Anda impikan bisa lebih cepat terwujud. Iya, dong, daripada nunggu modalnya enggak ngumpul-ngumpul, mendingan minjem. Cuma, nah ini dia, karena modal itu Anda dapatkan dengan meminjam, ya Anda betul-betul harus memerhatikan cash flow Anda. Ini karena Anda pasti harus mengembalikan uang yang Anda pinjam. Entah dengan mengembalikannya secara bulanan, 6 bulanan, atau mungkin tahunan.

Kuncinya, kalau Anda meminjam, perlu diketahui bahwa banyak orang yang seringkali terlalu fokus kepada bagaimana mereka bisa mendapatkan pinjaman, tetapi tidak memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Jadi.. jika sudah tahu cara mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis, setelah ketika meminjam, cobalah untuk memikirkan bagaimana caranya Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut.

Dan Perlu diingat, saat memutuskan untuk meminjam uang kepada bank, sebaiknya pilih nilai bunga yang sesuai dengan kemampuanmu. Pasalnya, jika tidak dapat mengembalikan uang tepat waktu, otomatis itu akan memperbesar risikomu dalam menjalankan bisnis.

Tipsnya, ketika Anda memikirkan caranya, jangan terlalu optimis bahwa pendapatan dari usaha Anda pasti bisa langsung besar di bulan-bulan pertama. Kalau perlu, buatlah perkiraan sepesimis mungkin. Dari perkiraan yang pesimis tersebut, Anda pasti bisa melakukan penilaian apakah pengembalian yang akan Anda lakukan nantinya bisa lancar atau tidak.

3. Menjual Aset

Cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis selanjutnya adalah dengan menjual aset yang kita miliki.

Kalau kamu memiliki banyak aset seperti properti, perhiasan, maupun kendaraan bermotor, kamu bisa menjualnya dan menggunakannya sebagai modal usaha. Kamu juga tidak bisa sembarangan dalam menjual aset,
karena ini sama halnya seperti menggunakan tabungan loh.

Pastikan terlebih dahulu untung rugi dalam penjualan aset tersebut. Jangan sampai ini membuatmu justru menjadi lebih merepotkanmu dalam mengurus berbagai hal.

4. Menggadaikan Aset

Apabila Anda merasa terlalu sayang untuk menjual aset yang ada, menggadaikannya memang bisa menjadi alternatif cara mendapatkan modal usaha.

Namun hal ini, mungkin modal usaha yang kamu dapatkan tidak sebanyak jika langsung menjual aset tersebut. Sebab, pinjaman dari usaha gadai nilainya tentu lebih kecil dari nilai jual aset sebenarnya.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan hal ini, pastikan kamu bisa memperkirakan keuanganmu ke depannya, baik itu untuk keperluan bisnis atau keperluan pribadi.

5. Kerja Sama Partner Bisnis

Nah daripada Anda pakai modal sendiri semuanya untuk mendapatkan modal usaha, atau daripada Anda meminjam, kenapa Anda tidak mencoba menjalin kerja sama saja dengan orang lain atau patner bisnis Anda? Dengan menjalin kerja sama, maka risiko usaha Anda bisa lebih kecil karena harus dibagi bersama rekan bisnis Anda. Cuma, keuntungan yang Anda dapatkan tentunya harus dibagi juga, dong.

Selain menambah modal usaha, rekan bisnismu juga dapat menyalurkan ide-ide kreatifnya agar bisnis dapat berkembang dengan cepat. Namun, perlu diperhatikan, saat mencari rekan bisnis sebaiknya kamu harus menemukan orang yang mempunyai visi dan misi yang sama denganmu dalam menjalankan bisnis.

6. Modal dari Konsumen

Selain dengan kerjasama patner bisnis ada juga cara mendapatkan modal usaha dari calon konsumen Anda. Wow memangnya bisa? Yes tentu saja, bisa. Anda bisa meminta uang muka jasa Anda terlebih dahulu pada calon konsumen, misalnya 30 persen. Uang muka itu bisa digunakan sebagai modal sampai pekerjaan selesai dan mendapatkan pembayaran seluruhnya. Cara seperti ini sering dilakukan pada usaha jasa, usaha katering, sablon baju atau usaha laundry.

7. Sponsor dari Website

Cara terakhir yang saat ini jadi tren mendapatkan modal usaha adalah sponsorship lewat website tertentu yang didukung teknologi internet yang canggih secara online. Nama kerennya sih crowdfunding. Program ini masih tergolong baru di Indonesia, tetapi sudah cukup lama dikenal di manca negara. Caranya kamu menawarkan jenis usaha yang akan Anda buat lewat salah satu situs crowdfunding dan para pengunjung yang berminat bisa menjadi sponsor yang menyumbangkan uangnya.

Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan bayaran berupa reward sesuai dengan peraturan dalam situs tersebut. Beberapa situs crowdfunding di Indonesia misalnya KitaBisa, Wujudkan, atau AyoPeduli. Umumnya, modal usaha yang diperoleh biasanya tidak begitu besar dibandingkan cara mencari modal yang sudah disebutkan. Tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba kan?

Kesimpulan

Sebelum memilih beberapa opsi cara mendapatkan modal usaha seperti yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda memutuskan usaha apa yang akan digeluti terlebih dahulu. Anda harus tahu secara detil apa-apa saja yang harus dilakukan termasuk risiko yang harus ditanggung. Bila Anda sudah yakin untuk melakukan usaha secara mandiri, nah tunggu apa lagi? Temukan cara mencari modal usaha yang paling cocok untuk Anda dan selamat menjadi enterpreneur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar