img

15 Tips Marketing Bisnis Untuk Brand Lokal ini Bisa di Coba !

/
/
/
8 Views

Tips Marketing Branding – untuk Membangun bisnis dengan brand lokal itu cukup menjanjikan, lho. Bagaiman tidak, ini dibuktikan dengan 93,3% masyarakat Indonesia lebih percaya dengan kualitas produk lokal. Berbanding jauh dengan kepercayaan pada produk asing yang hanya 71,5%.

ini artinya dari persentase diatas menandai bahwa promosi bagi sebuah brand lokal penting untuk dilakukan kalau bisnis Anda ingin lebih menghasilkan. Namun, bagaimana cara promosi produk brand lokal yang baik biar sukses ? Jangan bingung, di ulasan kali ini Sobat akan menemukan beberapa tips marketing ampuh supaya brand Anda dikenal masyarakat dan menghasilkan profit lebih besar.

Pentingnya Marketing bagi Brand Lokal

Untuk membahas mengenai tips marketing branding, sebenarnya apasih yang membuat marketing penting bagi brand lokal? ini beberapa alasannya :

1. Meningkatkan Pemasukan

Manfaat paling penting dari upaya marketing branding adalah meningkatkan penjualan produk. Alasannya?

Pertama, ketika upaya promosi sering dilakukan di berbagai platform, semakin mudah orang untuk menemukan brand Anda. Pada akhirnya, kesempatan mereka untuk bisa tertarik dan membeli produk tersebut jadi semakin besar. Ini tentu akan berpengaruh pada tingkat penjualan produk.

Kedua, kejelian menggunakan promosi yang unik bisa membuat bisnis Anda terlihat menonjol dari brand lokal lain. Ini bisa menjadi upaya branding yang efektif untuk menjaring pelanggan setia yang terus membeli produk Anda.

Ketiga, jika iklan yang dibuat sesuai dengan audiens (personalized), customer experience diberikan akan lebih baik. Misalnya, menawarkan produk sesuai riwayat pembelian konsumen. Cara ini ternyata bisa meningkatkan pembelian hingga 14 kali lipat, lho!

2. Membangun Hubungan Emosi Positif ke Konsumen

Brand lokal perlu menggunakan marketing untuk membangun hubungan emosi yang positif dengan konsumen. Yang harus disadari brand adalah mereka sedang berinteraksi dengan orang berintuisi. Penting untuk menyentuh sisi emosional dan keterikatan emosi ini yang kemudian melekatkan sebuah brand.

Hubungan emosi konsumen membawa banyak manfaat bagi brand Anda. Bukan hanya mereka akan cenderung membeli produknya, tapi juga 80% diantaranya tak ragu merekomendasikan brand Anda ke orang lain.

3. Menarget Konsumen yang Lebih Tepat

Untuk mengoptimalkan strategi marketing branding, Anda bisa menarget konsumen yang lebih tepat. Baik dari demografinya, hobi, media sosial yang digunakan, dan lain sebagainya. Dan salah satu permasalahan bisnis tak berhasil adalah karena tidak tahu harus menawarkan produknya kepada siapa.

Efeknya, bisnis tersebut hanya menghambur-hamburkan uang karena strategi marketing-nya tidak tepat sasaran. Jika hal tersebut tak segera diubah, bisa-bisa mereka masuk ke 29% bisnis yang gagal karena kehabisan uang.

4. Menangkan Persaingan dengan Brand Lokal Lain

Tak bisa dipungkiri bahwa memenangkan persaingan bisnis itu sangatlah berat. Apalagi mengingat sudah ada sekitar 11,7 juta UMKM yang sudah Go Online. Hal ini kalau tidak didukung dengan marketing yang tepat, bisnis Anda bisa saja kalah bersaing dan berisiko gulung tikar. Apalagi jumlah UMKM yang Go Online diprediksi akan terus meningkat hingga 30 juta di tahun 2023.

Nah untuk memenangkan persaingan melawan brand lokal lain adalah menjalankan marketing yang mampu membekas di ingatan calon konsumen bisa jadi langkah efektif. Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan strategi viral marketing dengan membuat konten unik dan menjadi viral di media sosial. Cara lainnya, dengan melaksanakan experiential marketing agar calon konsumen bisa merasakan bagaimana produk Anda digunakan dalam keseharian.

5. Konsumen akan Mudah Menemukan Brand Anda

Dengan strategi marketing yang baik, konsumen akan lebih mudah menemukan brand Anda. Faktanya, sekitar 81% calon pembeli akan melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian. Mereka akan mencari tahu tentang harga, deskripsi, gambar produk, ulasan pembeli, kualitas customer service, dan lain sebagainya.

Idealnya, setiap kali konsumen melakukan riset, nama brand Anda-lah yang terlihat di hasil pencarian. Sebab, kalau brand Anda tidak ditemukan, konsumen hanya akan mengenal kompetitor yang punya produk sama dengan bisnis Anda, bukan?

Tips Marketing Ampuh untuk Brand Lokal

Apakah Anda sudah tahu mengapa marketing itu penting, beberapa tips marketing online yang sudah terbukti ampuh untuk brand lokal Anda:

1. Harus Go Online dengan Website

Pemakai internet di Indonesia mencapai 196 juta pengguna atau 73,7% dari total populasi. Jadi, bisa dikatakan agar sebuah brand ingin terus berkembang, melakukan promosi online itu wajib. Bayangkan kalau Anda masih menjalankan secara offline, potensi mendapat jutaan pelanggan akan hilang.

Apalagi sekarang, ada banyak pilihan agar bisnis go online. Ingin mulai dari media sosial dulu? Bisa. Ingin menggeluti marketplace? Boleh. Namun, website tetap pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan. Jadi, sebaiknya Anda jadikan sebagai channel utama untuk promosi.

Alasannya adalah ?

  1.  84% konsumen lebih percaya bisnis yang memiliki website. Artinya, mengandalkan media sosial saja belum cukup untuk membangun brand lokal Anda secara online.
  2. Saat konsumen melakukan riset di Google, hasil yang ditampilkan adalah website atau lapak di marketplace, seperti contoh berikut:

Nah, kalau Anda punya website sendiri, besar kemungkinan Google akan menampilkannya sebagai hasil pencarian untuk kata kunci tertentu bersama dengan sebuah lapak di marketplace.

Terakhir, website membuat upaya branding Anda jauh lebih mudah. Berbeda dengan marketplace atau media sosial yang tampilannya seragam dan tak bisa diubah, website memberikan Anda kebebasan membangun branding sendiri. Mulai dari warna, logo, layout, jenis font, fitur khusus, dan lainnya.

2. Lakukan Optimasi SEO Lokal

Sebagai brand lokal, tentu saja Anda harus bisa menguasai hasil pencarian lokal di Google agar strategi marketing Anda lebih baik. Apalagi, sebesar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal.

Nah, hal ini bisa disiasati dengan optimasi SEO Lokal, yaitu cara untuk melakukan optimasi website agar mampu tampil di hasil pencarian di lingkup wilayah tertentu. Misalkan kalau bisnis Anda berada di Pekanbaru, maka setiap pencarian pengguna terdekat di kota tersebut harus mampu menampilkan brand Anda.

Ketika melakukan pencarian dengan kata kunci “beli kemeja brand lokal” dan brand Anda harus mampu muncul di antara bisnis lain yang memiliki niche bisnis di bidang fashion. Salah satu kunci untuk mengoptimasi SEO Lokal adalah melakukan riset keyword dan menggunakannya di website Anda. Tujuannya agar Anda tahu apa yang diinginkan konsumen dan kata kunci apa yang diketikkan di Google.

Dengan menguasai SEO lokal, maka akan semakin sering orang melihat brand Anda di hasil pencarian sehingga semakin besar juga kemungkinan mereka melakukan pembelian.

3. Daftar Brand Lokal Anda di Google Bisnisku

Google Bisnisku atau Google My Business. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi lengkap tentang bisnis Anda agar konsumen mudah mencarinya.

Google Bisnisku ini bisa memperkuat Local SEO Anda, lho. Sebab, jika ada yang mencari brand Anda secara khusus, informasinya akan langsung ditampilkan di halaman pertama Google seperti contoh di atas. Selain itu, Google Bisnisku juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda hingga 70%! Alasannya cukup jelas bahwa semakin lengkap informasi sebuah bisnis, semakin kecil kemungkinan bisnis itu abal-abal, bukan?

4. Menentukan Nilai Jual Brand

Apa yang membuat brand Anda beda dari kompetitor? Layanan customer service Anda lebih baik? Produk Anda lebih eksklusif karena dibuat dengan tangan (handmade)? Atau, Anda memberikan packing kayu gratis di setiap pengiriman barang? Apapun itu, tentukan nilai keunikan dari bisnis Anda.

Nilai keunikan bukan hanya bisa menarik konsumen tapi akan memudahkan Strategi marketing dan branding yang Anda lakukan.

5. Kelola Blog untuk Memberikan Value

Mengelola blog sekilas terdengar melelahkan. Tak heran banyak brand lokal yang masih enggan melakukannya. Padahal, ini bisa jadi tips marketing paling jitu untuk dicoba.

Faktanya, 6 dari 10 konsumen mengaku mendapatkan value dari blog. Value tersebut bisa berupa informasi bermanfaat seperti tips, panduan, info promo terbaru yang berhubungan erat dengan produk Anda.

Apa artinya? Melalui blog, konsumen jadi bisa lebih dekat dengan brand dengan pendekatan content marketing tersebut. Strategi ini cocok untuk membangun kredibilitas brand lokal untuk jangka panjang.

6. Kelola Media Sosial Resmi dengan Baik

Kami yakin bisnis Anda pasti sudah memiliki akun media sosial resmi. Namun, apakah Anda sudah mengelolanya dengan baik?

Media sosial yang dikelola dengan baik bisa memberikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen Anda. Bahkan, 71% konsumen tak akan ragu merekomendasikannya ke orang lain sehingga akun Anda akan semakin dikenal dan followernya juga bisa bertambah.

Beberapa tips untuk menggunakan strategi social marketing ini bisa dicoba:

  • Bentuk tim pengelola — mengelola media sosial itu cukup menyita waktu. Jadi, buatlah tim khusus untuk mengelolanya, sementara Anda fokus ke bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda tetap aktif dan responsif setiap saat.
  • Buat kalender konten — supaya memudahkan Anda untuk menyiapkan semuanya dengan tepat waktu. Sehingga konten Anda bisa terbit secara rutin dan menciptakan followers yang loyal.
  • Dengarkan konsumen — jangan hanya fokus ke promosi saja, tapi Anda juga harus berinteraksi dengan followers Anda. Jawab pertanyaan mereka, ajak mereka untuk mengikuti kuis, dan semacamnya. Dijamin, konsumen akan lebih loyal dan menghargai Anda.

7. Pakai Strategi Ads yang Efektif

Iklan memang salah satu cara promosi yang masih cukup efektif. Jadi, brand bisnis Anda perlu tetap melakukannya. Alih-alih memasang iklan melalui billboard atau baliho, menggunakan iklan digital secara online terbukti lebih efektif. Apalagi saat ini kian banyak pilihan platform yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Google Ads
  • Instagram Ads
  • YouTube Ads
  • Facebook Ads
  • TikTok Ads

Berikut ini beberapa tips cara menggunakan iklan online sebagai strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness bisnis anda :

1. Tentukan Tujuan Iklan

Mengetahui tujuan iklan akan memudahkan Anda menentukan materi iklan agar tepat sasaran. Iklan dengan tujuan menambah followers media sosial, tentu membutuhkan gambar dan video berbeda dengan iklan untuk mendapatkan leads, bukan? Oleh karena itu, selalu mulai dengan menentukan tujuan iklan dibuat.

2. Pamerkan Nilai Keunikan Brand Anda

Setelah menentukan Nilai Keunikan Brand brand bisnis Anda, jangan ragu untuk menunjukkannya dalam materi iklan. Dengan begitu, audiens akan lebih tahu apa yang membedakan Anda dengan brand lainnya.

3. Beriklan di Tempat yang Tepat

Anda tak perlu menghabiskan uang untuk memasang iklan di semua platform. Pilihlah yang paling sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya, sebagian besar target konsumen Anda pengguna Instagram, maka utamakan menggunakan Instagram Ads.

8. Gunakan WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang diciptakan khusus untuk pemilik bisnis agar mudah berkomunikasi dengan konsumennya. Anda bisa menggunakannya untuk brand bisnis Anda.

Berikut ini manfaat menggunakan WhatsApp Bisnis?

  • Fitur komunikasi yang lengkap — terdapat fitur seperti greeting message untuk menyapa konsumen saat pertama kali menghubungi Anda, quick message untuk membalas pertanyaan yang sama dengan cepat, hingga away message yang mengirim pesan otomatis saat Anda sedang off.
  • Mudah memfollow-up konsumen — terdapat fitur Label, dimana Anda bisa memberikan label “unpaid” pada pelanggan yang belum membayar.
  • Bisnis lebih terpercaya — adanya fitur profil bisnis bisa menghapus keraguan di hati konsumen Adna. Sebab, semua informasi tentang bisnis Anda akan ditampilkan.
  • Promosi produk — fitur Katalog untuk memajang berbagai produk Anda, lengkap dengan deskripsi dan harganya.

Yang lebih menarik, WhatsApp Bisnis juga bisa disambungkan ke website Anda, lho. Jadi, ketika pengunjung browsing dan ingin menghubungi Anda, cukup sekali klik akan langsung tersambung ke WhatsApp Bisnis Anda.

9. Tawarkan Promo dan Diskon

Siapa yang bisa menolak promo dan diskon? Maka dari itu, adakanlah promo dan diskon untuk menarik konsumen ke brand Anda.

Kalau Anda memiliki website, Anda bisa mengadakan promo online yang hasilnya lebih menjanjikan. Sebab, 69% konsumen selalu mencari diskon dan kupon secara online. Masih bingung promo dan diskon seperti apa yang pas untuk brand lokal seperti bisnis Anda?

Tak perlu mulai dengan promo besar-besaran, kok. Sekadar promo gratis ongkos kirim sudah cukup membuat calon konsumen tertarik dan meningkatkan pembelian hingga lima kali lipat, lho! Selain ongkos kirim gratis, berikut beberapa ide promo lainnya:

– Bonus setiap pembelian jumlah tertentu
– Kartu langganan (loyalty card)
– Cashback
– Kode promo
– Voucher untuk pembelian selanjutnya

10. Bekerjasama dengan Influencer

Membahas tips marketing untuk brand lokal tak lengkap rasanya kalau tidak membicarakan influencer. Kenapa demikian?

Influencer cocok untuk mempromosikan produk, apapun level bisnisnya. Anda cukup memilih jenis influencer yang tepat mulai, nano, mikro hingga mega influencer. Bukan hanya lebih fleksibel untuk kebutuhan bisnis, influencer marketing juga lebih efektif. Faktanya, 89% bisnis mendapatkan ROI (return of investment) lebih baik dibanding dari kanal marketing lainnya.

Dan pastikan Anda bekerja sama dengan influencer yang tepat. Nah, ini dia tips memilih influencer:

  • Wajib memiliki reputasi baik — hindari influencer yang sering terlibat permasalahan atau kontroversial. Pilihlah yang punya personal branding yang baik untuk mendukung branding bisnis Anda.
  • Punya tingkat engagement yang tinggi —engagement influencer dengan follower juga harus baik agar pesan promosi Anda bisa diterima dengan benar.
  • Intensitas update konten yang baik — influencer yang terlalu sering post justru menyebabkan posting promosi Anda cepat tergeser dari halaman atas. Sedangkan, kalau jarang posting tentu memiliki engagement rendah. Jadi, pilihlah influencer intensitas update kontennya proporsional.Intensitas update konten yang baik — influencer yang terlalu sering post justru menyebabkan posting promosi Anda cepat tergeser dari halaman atas. Sedangkan, kalau jarang posting tentu memiliki engagement rendah. Jadi, pilihlah influencer intensitas update kontennya proporsional.

11. Terapkan Komunitas Marketing

Siapa sangka kalau komunitas bisa berperan penting dalam strategi marketing suatu brand? Kenyataannya menggunakan komunitas untuk memasarkan produk cukup menjanjikan. Tak heran lahirlah strategi community marketing.

Strategi marketing ini berfokus pada interaksi dengan komunitas konsumen Anda. Interaksinya bisa dilakukan online maupun offline. Mulai dari komunitas regional di suatu kota, komunitas dalam event khusus, seminar, grup Facebook,hingga forum online.

Komunitas marketing cocok untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Karena fokusnya adalah pada interaksi jadi lebih mampu untuk membangun engagement. Hal ini tentu penting dilakukan brand lokal untuk mampu menjaga konsumen agar tetap setia dengan produk bisnisnya (customer retention).

Dengan customer retention brand lokal bisa menghemat anggaran untuk menarik pelanggan baru membutuhkan biaya lima hingga 25 kali lipat lebih besar.

Salah satu contohnya adalah Niagahoster Forum. Di sini, konsumen Niagahoster bisa membuka topik untuk bertanya dan berdiskusi seputar pengembangan website dan digital marketing.

12. Lakukan Kegiatan Pedulian Lingkungan Sekitar

Konsumen Indonesia ternyata ingin bisnis juga peduli dengan masalah lokal. Maksudnya, brand bisnis diharapkan memiliki program kepedulian masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Percaya atau tidak, CSR bisa jadi tips marketing yang ampuh, lho. Bukan hanya brand Anda akan lebih dikenal masyarakat, tapi 66% konsumen rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk dari brand Anda.

13. Ciptakan Nama dan Logo Terbaik

Merek yang kuat akan mudah dikenali karena nama brand akan ditempel dimana-mana: di kop surat, web, jejaring sosial dan pernak-pernik lainnya yang akan mengidentifikasikan bisnis lokalmu.

Eits, tidak cuma nama, merek butuh logo juga. Orang akan mengkaitkan merek dan logo. Saat kamu memikirkan logo apa yang cocok, ingat bahwa logo selalu mencerminkan perusahaan dan membangun kepercayaan serta menarik calon pelanggan. Sebagai contoh, coba lihat beberapa merek ternama, bagaimana perasaanmu ketika melihat merek mereka?

14. Konsisten pada Brand Bisnis Anda

Konsisten pada merek atau branding marketing untuk bisnis yang anda ciptakan ini berpengaruh pada keakraban dan kepercayaan pelanggan dan merekmu. Misalnya, perusahaan mungkin menggunakan pendekatan yang serius di web tetapi lebih ringan dalam berbagai jejaring sosial. Ini berpengaruh pada pelanggan, lho, karena bisa membingungkan.

15. Memiliki Misi Terbaik

Coba pikirkan tentang brand-brand yang kamu sukai. brand atau merek tersebut biasanya memiliki misi tertentu yang berhubungan dengan emosi pelanggannya. Contohnya Bukalapak atau niagahoster, yang memiliki misi untuk memberdayakan dan turut memajukan UMKM yang ada diseluruh penjuru Indonesia. Jadi, apa visi dari bisnis lokalmu?

Contoh Inspirasi Brand Lokal dengan Marketing yang Super Mantaps

1. Starcross

Starcross merupakan brand fashion lokal asal Jogja yang didirikan tahun 2004 silam. Sekarang, Starcross mempunyai lebih dari 50 titik distribusi di Indonesia dan berhasil membuka distro di Nagoya, Jepang.

Dari sisi marketing, website Starcross bisa dikatakan yang paling menonjol. Tak hanya Anda bisa menemukan semua informasi tentang Starcross, tapi website-nya juga berperan sebagai toko online.

2. Puyo Dessert

Puyo Dessert adalah brand lokal yang menjual puding sehat dengan kandungan fiber tinggi dan rendah kalori. Inilah USP Poyo yang membedakannya dengan brand puding lokal lainnya.

Sedangkan dari sisi marketing, Puyo konsisten menjalankannya sesuai identitas brand dan produknya yang warna-warni. Mulai dari website dengan animasi penuh warna, hingga media sosial yang memancarkan aura ceria.

Selain itu, Puyo juga mempunyai blog berisi tips hidup sehat yang sesuai dengan tujuan produk mereka. Gaya penyampaian artikelnya juga ringan yang cocok untuk semua usia.

3. Uwitan

Uwitan merupakan brand furniture lokal asal Yogyakarta yang didirikan pada tahun 2015 silam. Sejak awal didirikan, Uwitan selalu berfokus berjualan furniture secara online. Baik melalui website, media sosial, dan marketplace. Strategi marketing Uwitan yang paling menonjol terletak pada blog-nya.

Kesimpulan

Diantara berbagai tips Branding marketing band lokal di atas, manakah tips yang ingin Anda gunakan? Atau Anda justru berniat mencoba semuanya? Apapun itu, pilihlah yang paling efektif dari segi waktu dan biaya. Apalagi jika brand lokal Anda baru mulai.

Jika sebelumnya Anda melakukan promosi secara offline, sekarang saatnya untuk beralih ke strategi marketing online, terutama menggunakan website. Selain untuk menunjukkan online presence, website juga cocok untuk tujuan branding dan promosi produk lho.

Nah, agar website bisa diakses 24 jam penuh, memilih layanan hosting yang bisa diandalkan itu penting. Apalagi jika menawarkan harga terjangkau sesuai budget bisnis Anda.

Niagahoster bisa menjadi pilihannya. Selain menawarkan layanan hosting dengan performa yang baik dan aman. Untuk mendapatkan layanan Domain dan Hosting Unlimited Terbaik yuk Pakai NIAGAHOSTER.

Oke demikian ulasan mengenai Tips Marketing Bisnis Untuk Brand Lokal diatas, semoga bermanfaat dan sukses untuk brand lokal didaerah ya  !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar