img

Wajib Tahu ! Strategi Digital Marketing Untuk Pebisnis Pemula

/
/
/
22 Views

Strategi Digital Marketing – Saat ini Digital marketing menjadi bagian dari bisnis, baik bisnis rasio kecil atau yang telah besar. Digital marketing dapat menolong beberapa pelaku bisnis pemula meningkatkan usahanya dan bisa lebih cepat berhasil, karena sistem ini bisa mencapai pasar yang lebih luas.

Tidak cuma hanya itu, dalam implementasi teknik digital marketing, pelaku bisnis bisa juga memilih pasar yang pas dan betul-betul dapat mengkonversi penawaran jadi pembelian. Bila menyaksikan semua keuntungan ini, menguasai digital marketing menjadi suatu hal yang wajib untuk tiap pelaku bisnis

Tidak selalu harus memakai service layanan digital marketing professional, tiap pelaku bisnis bisa juga mempelajari digital marketing ini dan mengaplikasikannya secara mandiri dalam bisnis.

Apa Itu Digital Marketing?

Untuk memahami strategi digital marketing, penting bagi kita memahami pengertian digital marketing terlebih dahulu.

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

10 Strategi Digital Marketing Bagi Pebisnis Pemula

Supaya lebih gampang mengaplikasikannya, berikut ada banyak strategi digital marketing yang pas untuk pelaku bisnis pemula mengaplikasikan yang sudah kami kumpulkan dari bermacam sumber, yaitu sebagai berikut :

1. Content Marketing

Content marketing merupakan teknik digital marketing yang bisa diterapkan dengan membuat dan mendistribusikan konten bisnis. Namun di dalam teknik ini, pebisnis wajib menghasilkan konten yang berkualitas dan memenuhi syarat dasar, yakni: relevan, penting dan juga konsisten. Ketiga hal tersebutlah yang akan membantu Anda menjangkau konsumen dan membuat mereka melakukan pembelian di dalam bisnis.

Tak cukup hanya membuat konten yang relevan saja, sebab konten tersebut juga harus bisa memiliki unsur yang penting untuk diketahui atau dilihat oleh calon konsumen. Hal ini akan membuat mereka tertarik dan melihat konten hingga selesai, lalu melakukan pembelian setelahnya. Selain itu, content marketing ini juga harus diterapkan secara konsisten.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO menjadi salah satu teknik yang paling banyak diminati di dalam digital marketing. SEO bertujuan untuk mengoptimasi situs bisnis di Google, sehingga bisa berada pada halaman utama pencarian. Hal ini bertujuan untuk membuat situs bisnis lebih mudah ditemukan, sehingga trafik ke situs tersebut akan menjadi jauh lebih besar. Ada 2 teknik yang dikenal dalam sistem ini, yakni: SEO On Page dan juga SEO Off Page.

Di dalam SEO akan membuat konten artikel dan menyelipkan beberapa keyword yang berkaitan dengan bisnis tersebut di dalamnya. Keyword ini bisa diriset terlebih dahulu, sehingga benar-benar sesuai dan bisa mendatangkan trafik yang tinggi. Namun di dalam prakteknya, SEO tidak akan berjalan dengan instan dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya.

Sebagian besar dari Anda pasti sudah kenal sekali dengan strategi digital marketing yang satu ini. Search Engine optimization atau umum dipersingkat dengan SEO sebagai salah satunya digital marketing yang cukup terkenal digerakkan pelaku bisnis atau pebisnis.

Bukan tanpa ada alasan, karena SEO memang bisa dibuktikan efisien sekalian efisien. Tahukah anda menurut sumber brightlocal jika 98% pencarian akan pilih usaha yang ada pada halaman pertama mesin pencari. Dengan lebih dari 4 milyar penelusuran yang dilaksanakan lewat Google tiap harinya. Ini bermakna satu kesempatan yang sangat bersar untuk usaha anda.

Tetapi tahukah Anda jika ada beberapa kesalahan yang dilaksanakan seorang dalam memakai tehnik yang satu ini. Salah satu kekeliruan yang kerap dilaksanakan oleh beberapa start-up atau pelaku bisnis pemula ialah mereka berpikir jika dengan membuat web yang bagus karena itu pengunjung akan tiba dengan sendirinya.

Sebenarnya bila dijelajahi lebih jauh pertimbangan itu salah besar. Karena, sama seperti yang dijumpai sekarang ini ada banyak situs semacam yang serupa dengan usaha yang Anda punyai. Hingga bila Anda tidak membuat satu ketidaksamaan karena itu situs Anda akan kalah dari situs yang lebih menarik di luar sana.

Dan rintangannya ialah bagaimana dapat membuat situs yang Anda punyai ada dalam posisi paling atas. Saat pengunjung atau calon konsumen cari perusahaan yang Anda punyai. Bagaimana triknya? Salah satunya langkah yang betul dan halal dengan memakai tehnik marketing SEO ini. Harus dipahami, SEO tidak cuma tingkatkan trafik situs Anda saja tapi juga membuat keyakinan ke user. SEO ini kelak yang bakal tergantung ke pada isi Content Anda.

3. Search Engine Marketing.

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi penjualan internet marketing terbaik di era digital dengan persaingan yang kian kompetitif.

Search Engine Marketing (SEM) bertujuan untuk membuat produk kita muncul pada halaman utama SERP (Search Engine Result Page) meskipun secara SEO belum cukup baik. Cara kerjanya adalah pemasang iklan dengan menargetkan kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan produk yang dijual.

Saat ada yang menuliskan keyword (kata kunci) tersebut pada Google atau mesin pencari lain, maka iklan tersebut yang akan ditampilkan pada halaman pertama. Bisa dibilang Search Engine Marketing (SEM) memiliki prosentase keberhasilan yang tinggi dibandingkan dengan pemasangan iklan pada media masa seperti koran dan televisi yang cenderung hanya untuk meningkatkan brand awareness.

Mengapa? karena orang yang mencari sesuatu di mesin pencari biasanya orang yang sangat membutuhkan. Tentu ini jauh berbeda dengan iklan di televisi yang ditampilkan kepada semua orang.

4. Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya.

Di dalam teknik digital marketing yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing sudah dikenal cukup lama dan cukup banyak diminati dalam dunia pemasaran. Di dalam sistem ini, Anda menggunakan layanan perusahaan yang secara khusus menyediakan layanan afiliasi seperti ini.

Untuk jangkauan global, pelaku bisnis bisa memilih eBay, Amazon, dan yang lainnya. Sementara untuk skala domestik, Anda bisa menggunakan layanan afiliasi dari Ratakan, Niagahoster, Tokopedia, BliBli, dan yang lainnya. Melalui afiliasi ini, Anda dapat mengajak para pelanggan platform tersebut untuk mengiklankan bisnis Anda kepada teman atau bahkan pengikut mereka di media sosial.

6. Email Marketing

Email marketing merupakan teknik pemasaran yang bisa diterapkan melalui layanan email dan Anda kirimkan kepada para calon konsumen bisnis. Teknik ini terbilang sudah sangat lama, namun masih tetap efektif dan layak digunakan.

Anda hanya perlu membuat email yang tepat dan mengirimkannya kepada orang-orang (target pasar) yang juga tepat, sehingga email ini dibuka oleh mereka. Penting untuk membuat email yang berkualitas dan bisa meyakinkan pembaca, sehingga kunjungan ke situs bisnis nantinya bisa benar-benar mendatangkan angka penjualan.

Email sendiri pertama kali muncul sejak tahun 1971. Sehingga tidak heran jika keberadaannya dianggap sudah sangat tua didunia teknologi pemasaran. Meskipun begitu jangan salah ya! Email marketing adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meraih growth.

Selain itu kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Email Marketing yaitu biaya nya yang sangat terjangkau. Jika dibandingkan dengan Tool lainnya, Email Marketing memiliki biaya yang bisa dikatakan paling terjangkau.

7. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC) merupakan teknik pemasaran yang dilakukan dengan memasang iklan pada media tertentu. Layanan ini banyak disediakan oleh sejumlah perusahaan besar, mulai dari Google hingga Facebook dan yang lainnya.

Anda hanya perlu memilih media yang tepat dan memasang iklan di sana, sehingga calon konsumen bisa lebih mudah untuk melihat iklan. Di dalam teknik ini, Anda akan membayar setiap klik yang terjadi.

8. Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan bisnis yang dikeluarkan oleh Google, di mana Anda bisa memperkenalkan bisnis secara profesional kepada khalayak ramai. Di dalam layanan ini Anda bisa memuat detail bisnis, mulai dari alamat dan kontak lengkap, review pelanggan, dan lainnya. Hal ini mungkin tampak simpel, namun terbukti bisa membuat Anda menjangkau pasar yang luas di dalam bisnis.

9. Influencer Marketing

Influencer merupakan seseorang yang mempunyai pengaruh cukup kuat dan mempunyai jumlah followers (pengikut) banyak. Para influencer ini contohnya adalah selebgram, youtuber, food vlogger, public figure, dan sebagainya.

Sedangkan, influencer marketing merupakan cara mempromosikan produk melalui para influencer dengan memanfaatkan beragam platform media sosial seperti Instagram, Blog, YouTube, Twitter, dan sebagainya. Promosi dengan cara ini dianggap lebih tepat sasaran dan efektif karena banyak follower dari influencer yang akan tertarik dengan produk atau jasa yang mereka rekomendasikan.

10. Google Ads

Dengan Google Ads, anda bisa tampilkan usaha anda pada halaman pertama hasil penelusuran Google, pada keyword apa saja yang anda harapkan.

Google Ads benar-benar strategi digital marketing yang efisien untuk usaha anda. Berdasar laporan dari Google. Dengan Google Ads, tiap 1000 rupiah yang anda pakai untuk berpromosi, akan datangkan penghasilan sejumlah 2000 rupiah. Itu sama dengan 200% keuntungan. Besar kan?

Tidak hanya itu, jumlah penggunya juga terus bertambah. Di tahun 2018, lebih dari 1,3 juta usaha, penerbit website, dan organisasi nirlaba yang memakai jalan keluar advertensi Google Ads, dan AdSense.

So, anda juga harus coba Google Ads supaya tidak ketinggal dengan pesaing. Google Ad Words atau dapat disebut dengan istilah PPC atau Pay-Per-Click sebagai salah satunya mode marketing digital yang manfaatkan mesin pencari Google untuk datangkan pengunjung ke web kita.

Pemakaian taktik pemasaran ini bisa hasilkan calon konsumen yang siap untuk beli beberapa barang yang Anda pasarkan.

11. Podcasting

Istilah Podcast sekilas hampir mirip dengan saluran radio biasa karena menampilkan banyak stasiun radio yang dikenal sebagai podcasting. Perbedaannya terletak pada hasil suaranya. Podcast merupakan suara rekaman sedangkan radio dipublikasikan secara langsung dan biasanya dalam podcast jarang ada iklan yang wara wiri.

Walaupun belum umum di Indonesia, startegi digital marketing melalui media ini sangat populer di luar negeri mengingat industry radio internasional telah mengalami penurunan minat pendengarnya. Banyak pihak yang yakin jika podcast akan sangat populer di masa depan, mengingat tema yang ditawarkan sangat beragam.

Kita tidak hanya mendengarkan siaran musik saja, melainkan bisa mendengarkan rekaman suara tentang politik, ekonomi, bisnis, hobi, kesehatan dan masih banyak lagi. Untuk anda yang tertarik, bisa belajar membuat podcast sendiri bahkan melakukan kombinasi dan interview dengan pengguna podcast lainnya.

12. Video Marketing

Dengan strategi digital marketing ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

Di YouTube, Anda bisa mengupload video promosi menarik dengan ciri khas tersendiri. Konten-konten yang ditampilkan di YouTube harus memiliki keunikan yang mampu menarik keinginan pengguna lainnya untuk melihat video Anda.

Semakin banyak jumlah subscriber atau viewers maka akan semakin populer akun YouTube Anda yang nantinya akan berdampak positif terhadap penjualan. Mungkin terdengar mudah dan menyenangkan, tapi nyatanya strategi digital marketing ini cukup sulit dilaksanakan, apalagi bila tidak ada pengalaman menghasilkan video yang bagus.

Teknik editing video dan pengaturan pengambilan gambar harus dilakukan sebaik mungkin, sehingga seseorang yang menonton akan merasa nyaman. Bahkan bisa menangkap informasi yang coba Anda sampaikan di dalamnya. Sebelum memulai video marketing, pelajari lebih dahulu caranya hingga benar-benar mahir.

Kesimpulan

Penerapan strategi digital marketing di dalam bisnis merupakan hal yang sudah sangat biasa. Hingga saat ini, ada banyak teknik digital marketing yang bisa ditemukan, lengkap dengan berbagai keuntungannya. Pastikan setiap pebisnis pemula cari tahu dan pelajari setiap strategi marketing. Setelah itu, barulah bisa memilih digital marketing yang tepat. Dengan begitu, bisnis akan berkembang dan omset akan terus meningkat. Ok, demikian artikel tentang Strategi Digital Marketing Untuk Pebisnis Pemula, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar